Tips Memilih Oli Motor Matic yang Baik dan Berkualitas

Tips Memilih Oli Motor Matic yang Baik dan BerkualitasAgar motor matic Anda bisa terus berjalan dengan baik, tentunya diperlukan perawatan yang maksimal dan rutin. Salah satunya adalah Anda wajib mengganti oli motor matic tersebut. Hanya saja, di pasaran ada banyak merek oli motor khusus untuk motor matic dan tak semua adalah yang terbaik dan cocok untuk motor Anda. Lalu, bagaimana cara memilihnya?

  1. Sesuaikan dengan Rutinitas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika mau mengganti oli motor khusus untuk motor matik adalah menyesuaikan dengan rutinitas motor tersebut. Ini sangat diperlukan agar motor tersebut bisa mendapatkan pelumas yang pas sesuai dengan kinerjanya. Dengan begitu, mesin motor Anda tak akan cepat panas.

Paling mudahnya, Anda bisa mengganti oli motor di dealer resmi merek motor Anda saja. Mereka pasti tahu apa saja yang terbaik dan sesuai dengan kondisi motor Anda serta spesifikasi dari motor tersebut.

  1. Kekentalan Oli

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih oli kendaraan matik khusus motor adalah kekentalan oli tersebut. Oli motor matik sebenarnya memiliki tingkat kekentalan yang lebih rendah dibanding jenis motor bebek. Standar kekentalan oli sendiri dikenal dengan nama SAE oli dengan ambang antara 10 hingga 30 khusus untuk motor matik.

Jadi, pilihlah oli dengan kekentalan di antara 10 sampai 30 SAE. Makin besar angka SAE dari oli tersebut, maka akan makin kental oli yang dipilih. Tapi ingat, khusus untuk motor matik, tidak perlu yang terlalu kental.

  1. Zat Aditif dalam Oli

Selain itu, Anda wajib juga memperhatikan kandungan zat aditif di dalam oli motor tersebut. Zat ini memiliki fungsi untuk membantu melepaskan panas atau disebut juga dengan molybdenum.

Ini sesuai dengan fungsi oli itu sendiri yakni sebagai pelumas atau pengurang gesekan komponen dalam mesin serta memperhalus gesekan antar komponen. Meski gesekan yang terjadi halus, tetap saja akan muncul panas. Dengan zat aditif yang cukup di dalam oli, maka panas tersebut akan cepat hilang.

  1. Sertifikasi API SL

API adalah singkatan dari american standart petrolium institue. Ini adalah sebuah sertifikasi internasional terhadap oli yang dipakai di seluruh Amerika dan Eropa. Sedangkan kode S pada kode tersebut adalah kode untuk jenis mesin. Lalu L di dalam kode tersebut memiliki arti sebagai teknologi atau kualitas olinya.

API SL adalah standar yang pas untuk sebuah motor matik. Memang, di luaran sana Anda bisa menemukan standar dengan teknologi dan kualitas oli yang lebih bagus. Makin mendekati angka Z pada huruf terakhir kode tersebut, itu artinya teknologi dan kualitas oli tersebut makin bagus. Khusus untuk motor matik, baiknya tetap pilih yang memiliki kode SL.

  1. Sertifikasi JASO MB

Selain itu, Anda juga bisa memilih yang bersertifikast JASO MB. Ini adalah sertifikat Japan automotive standar association yang merupakan sertifikasi keliaran Jepang. Bila motor Anda adalah buatan Jepang, ada baiknya Anda menggunakan sertifikasi yang satu ini. Namun, bila Anda mau ambil sertifikasi dari Amerika dan Eropa, juga tak masalah, kok!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih oli untuk motor matik. Memang banyak sekali yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih oli motor yang baik. Namun, tujuannya juga baik, kok! Agar motor Anda bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak mudah rusak. Anda juga jadi lebih nyaman tatkala memakai motor tersebut!