Tak Sembarangan, Begini Cara Tepat Menjaga Kebersihan Miss V

Begini Cara Tepat Menjaga Kebersihan Miss VLalai dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan, dapat membuatnya terinfeksi jamur dan bakteri. Anda tentu tak mau hal tersebut terjadi, bukan? Nah, untuk menghindari munculnya infeksi pada bagian vagina, Anda harus rutin menjaga kebersihannya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk menjaga kebersihan area Miss V Anda.

  1. Gunakan Celana Dalam dari Bahan yang Tepat

Tepat dalam memilih celana dalam, nantinya akan menentukan kesehatan dari area kewanitaan Anda. Sangat dianjurkan untuk menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan bisa menjamin sirkulasi udara lancar. Celana dalam yang terbuat dari bahan katun sering direkomendasikan untuk menjaga kebersihan Miss V para wanita.

  1. Membersihkan Bagian Intim dengan Air Hangat

Cara terbaik membersihkan organ intim adalah dengan menggunakan air hangat. Anda sama sekali tak memerlukan sabun atau cairan douching yang mengandung pewangi dan antiseptik. Penggunaan air biasa untuk membersihkan Miss V tak akan mengganggu keseimbangan pH dan bakteri di dalamnya. Bersihkan Miss V Anda secara menyeluruh, setidaknya 1 kali sehari.

Perlu Anda ingat area kewanitaan yang boleh dibersihkan, hanya bagian luarnya saja atau vulva. Vulva meliputi bagian klitoris dan juga labia pada Miss V. Anda sama tak sekali tak dianjurkan membersihkan bagian dalamnya, karena akan mengganggu keseimbangan pH dan bakteri di sana. Lagi pula, bagian dalam Miss V sudah otomatis dibersihkan oleh bakteri di dalamnya.

  1. Basuh dan Seka Bagian Miss V dari Arah Depan ke Belakang

Saat Anda membasuh atau menyeka Miss V saat dibersihkan, lakukanlah dengan mengikuti arah dari depan ke belakang. Hal ini dilakukan untuk menjaga kehigienisan area kewanitaan Anda. Jika Anda melakukannya dari arah kebalikannya, maka bakteri serta kuman yang ada di anus dapat bermigrasi ke bagian vagina. Akibatnya, Miss V Anda pun mengalami infeksi.

  1. Rutin Mengganti Celana Dalam

Celana dalam yang lembap karena dipakai dalam waktu lama, merupakan tempat paling disukai bakteri dan kuman. Oleh karena itu, pastikan Anda mengganti celana dalam, saat merasa area kewanitaan Anda di bawah sana terasa pengap. Anda mungkin harus sering mengganti celana dalam, jika kebetulan cuaca sedang panas, sehingga Anda banyak mengeluarkan keringat.

  1. Ganti Pembalut Secara Rutin

Menstruasi bukan halangan bagi Anda menjaga kebersihan Miss V. Malah saat inilah Anda harus lebih ekstra bekerja untuk menjaga kebersihannya. Rutinlah mengganti pembalut agar darah haid tak mengering, sehingga menyebabkan iritasi pada permukaan area kewanitaan dan selangkangan. Jangan lupa untuk setidaknya mengganti pembalut setiap 4 jam sekali.

Itulah tadi beberapa kebiasaan yang harus Anda lakukan, agar kebersihan bagian vagina selalu terjaga. Siapa lagi yang akan menjaga kesehatan organ intim Anda ini, kalau bukan Anda sendiri. Dengan menjaga kebersihan Miss V, maka infeksi pada bagian tersebut bisa dihindari. Ketahui lebih banyak cara menjaga kesehatan Miss V, dengan membaca magazine orami.co.id.