Perawatan dan Pengobatan kanker Otak

Perawatan dan Pengobatan kanker Otak

Pembedahan, radioterapi dan kemoterapi dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi untuk mengobati tumor otak. Pilihan perawatan tergantung pada apakah tumor adalah tumor otak primer atau sekunder.

Perawatan dan Pengobatan kanker Otak

Dokter Anda akan merencanakan perawatan Anda berdasarkan sejumlah faktor termasuk tumor Anda khususnya dan kondisi umum Anda. Para ahli seperti ahli bedah saraf, ahli saraf, spesialis radiasi dan spesialis kanker mungkin terlibat dalam merawat Anda dalam berbagai tahap.

Dokter Anda akan mendiskusikan perawatan untuk Anda, dan Anda dapat melihat bahwa pasien lain di rumah sakit diperlakukan berbeda, yang dapat terjadi karena tumor mereka berbeda dan terletak. Di tempat lain di otak. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang perawatan Anda, jangan ragu, berbicaralah dengan dokter dan perawat, dan mereka akan menjelaskannya kepada Anda.

Beberapa orang mungkin ingin merujuk lebih banyak profesional untuk membantu mereka memutuskan perawatan. Kebanyakan dokter akan bersedia merujuk mereka ke profesional lain untuk konsultasi jika Anda merasa sangat membantu. Konsultasi dapat menyebabkan penundaan untuk perawatan, jadi Anda, dokter, harus memutuskan apakah benar-benar akan memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Tumor primer

Kebanyakan tumor bedah sering merupakan pengobatan pertama, jika tumor dapat diangkat tanpa mempengaruhi jaringan di sekitar otak. Namun, beberapa tumor mungkin tidak diangkat atau diangkat seluruhnya. Beberapa jenis glioma derajat rendah, yang dapat dikontrol secara hati-hati jika mempengaruhi dan jenis tumor lainnya, dapat menggunakan terapi radiasi. Sejumlah kecil tumor otak, seperti kelenjar limfa, tidak menggunakan operasi, tetapi hanya radioterapi dan kemoterapi.

Pembedahan dapat dilakukan dari biopsi untuk mengklasifikasikan tumor untuk operasi lanjutan untuk mengangkat tumor sepenuhnya.

Jika tumor tidak benar-benar dihapus atau ada kemungkinan bahwa sel kanker mungkin disembunyikan, operasi atau radioterapi berikutnya akan diterapkan setelah operasi.

Ketika operasi atau perawatan non-bedah tidak tersedia, radioterapi dengan atau tanpa kemoterapi akan digunakan sebagai perawatan utama.

Tumor sekunder

Perawatan tumor otak sekunder tergantung pada jenis kanker otak primer yang berkembang, ukuran dan lokasi tumor sekunder di otak dan apakah tumor itu harus dibentuk dari tumor sekunder. dari bagian lain dari tubuh.

Biasanya, jika hanya ada satu atau dua area yang sangat kecil dari tumor sekunder di otak, itu dapat dihilangkan dengan pembedahan atau dengan bentuk radioterapi lokal yang disebut Radiosurgery. Terapi radiasi kadang-kadang digunakan setelah operasi.

Lebih umum, terapi radiasi (biasanya seluruh kepala) sering digunakan untuk mengecilkan atau mengendalikan tumor otak sekunder. Kadang-kadang radioterapi atau radioterapi stereotactic dapat digunakan.

Kemoterapi atau terapi hormon juga bisa sangat membantu, tergantung pada jenis kanker primer yang telah terbentuk. Pengobatan subtipe tumor sekunder adalah untuk memperbaiki gejala dan memperpanjang umur pasien.

Perawatan simtomatik

Untuk tumor primer dan sekunder, pengobatan terpisah untuk gejala seperti antikonvulsan untuk mencegah kejang dan Xteroi untuk mengurangi lesi dan peradangan di sekitar tumor mungkin diperlukan.