Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Dada Sebelah Kanan

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Dada Sebelah KananBerbicara mengenai kesehatan bukan hanya mengenai satu anggota badan. Namun, keseluruhan tubuh. Mulai dari yang terlihat sampai organ dalam semua harus diperhatikan dan diberikan haknya dengan baik. Misalnya saja, melakukan konsultasi seminggu sekali untuk mengetahui keadaan tubuh. Begitu pula ketika Anda merasa sakit dada sebelah kanan yang biasanya diiringi dengan rasa nyeri. Mungkin keluhan ini tidak berlangsung lama. Namun, kondisi ini bukan alasan yang membuat Anda menyepelekannya.

Tubuh manusia tersusun dari elemen yang saling terkait. Fakta tersebut yang kemudian banyak peneliti yang mengatakan bahwa badan termasuk bagian dari sistem. Dimana ketika terdapat salah satu komponen mengalami masalah. Maka bagian lainnya akan merasakan hal yang sama. Contoh, merasakan rasa nyeri pada dada bagian kanan saat bernafas, ataupun batuk. Rasionalnya kondisi tersebut bukan kejadian yang harus disepelekan.

Seperti yang sudah diketahui bahwasannya salah satu gejala penyakit jantung adalah timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kiri. Tetapi, bukan berarti ketika Anda merasakan hal yang sama di dada sebelah kanan dianggap sebagai kejadian biasa. Pasalnya, rasa sakit tersebut termasuk gejala awal dari penyakit serius lainnya. Sebelum terlalu parah dan menjalar ke seluruh tubuh setiap individu harus mau untuk lebih bersikap baik dengan dirinya sendiri.

Tanda lain yang mengiringi rasa nyeri tersebut bisa terlihat dari berbagai keluhan yang sebenarnya sangat jelas. Apabila kondisi ini masih dibiarkan begitu saja maka efek buruk dari sakit dada sebelah kanan akan merambat dan membahayakan kondisi badan. Anda mempunyai kendali untuk menghentikan penyakit tersebut. Berikut tanda yang sering kali menyertainya:

  1. Nyeri dirasakan ketika mengubah posisi tidur.
  2. Sensasi perih yang menusuk dada.
  3. Dada sesak dan terasa ditekan.
  4. Merasa sakit saat bernafas.

Gejala-gejala seperti di atas menunjukan kondisi tubuh dalam keadaan kurang sehat. Hal ini berkaitan dengan penyakit yang menyertainya. Pertama, Pleuritis penyakit tersebut karena terjadi pembengkakan pleura yang berada di dekat paru-paru. Kondisi itu bisa terjadi karena virus. Rasa sakit yang ditimbulkan akan kian terasa ketika bernafas, dan batuk. Kedua, stres yang terjadi secara ekstrem membuat seseorang mengalami serangan panik yang luar biasa. Secara bersamaan memicu rasa stres dalam hidup Anda.

Ketiga, gangguan pencernaan yang secara otomatis membuat dada sebelah kanan merasa sakit sekaligus nyeri. Contohnya, gangguan asam lambung kronis yang membuat pasien berada dalam kondisi sangat menderita. Keempat, terjadi infeksi pernafasan. Salah satunya ialah penyakit pneumothoraz yang membuat paru kempis karena cedera sehingga menghambat pernafasan.

Setiap manusia mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan kesehatan. Sayangnya tidak semua orang memahami hal ini dengan benar. Kondisi bisa dilihat dari banyak hal yang membuatnya keadaan tubuh kian parah. Bukannya sehat malah memenjarakan tubuh pada penyakit yang seharusnya bisa dikendalikan sejak awal. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pencegahan sakit dada sebelah kanan. Yaitu:

  1. Kembali pada pola hidup sehat. Life style yang kurang tepat akan memberi sumbangsih terhadap rasa sakit yang semakin parah. Selain itu, memunculkan komplikasi yang membahayakan.
  2. Asupan makanan yang bergizi. Pola makan yang baik tidak harus mahal. Anda hanya cukup memperhatikan susunan gizi yang didapat dari jenis makanan tersebut.
  3. Hindari rokok
  4. Hindari alkohol.
  5. Konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusi paling tepat.