Patuhi Jadwal Imunisasi Bayi Salah Satu Cara Menjaga Masa Depan Buah Hati

Patuhi Jadwal Imunisasi Bayi Salah Satu Cara Menjaga Masa Depan Buah HatiImunisasi bayi adalah salah satu cara pencegahan agar buah hati tidak terjangkit penyakit berbahaya saat ini dan untuk masa depan. Imunisasi dilakukan dengan cara menyuntikkan beberapa jenis bakteri yang sudah di lemahkan dengan tujuan merangsang pembentukan antibodi pada tubuh bayi, sehingga jika suatu saat bayi terserang penyakit tubuhnya dapat melawan.

Imunisasi sangat aman dilakukan karena direkomendasikan langsung oleh WHO dan pemerintah. Pentingnya imunisasi pada bayi membuat pemerintah melakukan beberapa program imunisasi gratis yang biasanya dilakukan di Puskesmas atau rumah sakit tertentu, terkadang beberapa kegiatan posyandu juga menyediakan imunisasi gratis yang dapat anda manfaatkan dengan sebaik baiknya dengan mengetahui jadwal imunisasi bayi yang ada di postandu tersebut.

Anak yang tidak mendapatkan imunisasi memiliki tubuh yang lebih rentan terserang penyakit, selain berbahaya untuk dirinya juga dapat membahayakan orang lain di sekitarnya, karena ikut tertular. Beberapa penyakit berbahaya yang penularannya sangat mudah dan cepat adalah tuberkulosis.

Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi bukan, jadi lakukan imunisasi tepat sesuai jadwalnya.

Imunisasi Hepatitis B

Vaksin HB manovalen pertama diberikan pada bayi paling baik pada usia 12 jam setelah kelahiran, yang didahului dengan pemberian vitamin K1 30 menit sebelumnya.

Vaksin HB manovalen diberikan pada bayi usia 0,1, dan 6 bulan. Pada beberapa kasus tertentu jenis dan jadwal dapat berubah, untuk itu sebelum memberikan vaksin lakukan cek kesehatan terlebih dahulu.

Imunisasi Polio

Saat bayi lahir segera berikan vaksin OPV-0, Selanjutnya berikan vaksin untuk polio 1 pada usia 2 bulan, polio 2 pada usia 3 bulan dan, polio 3 pada usia 4 bulan. Saat bayi diberikan vaksin polio bayi harus mendapatkan minimal 1 dosis IPV dan OPV-3.

Imunisasi BCG

Vaksin BCG paling baik diberikan pada bayi usia kurang dari 3 bulan. Jika usia lebih dari 3 bulan bayi harus melakukan tes tuberkolosis terlebih dahulu, dengan cara menyuntikkan bakteri ke lapisan kulit lengan atasnya.

Imunisasi DTP.

Vaksin ini pertama kali diberikan pada bayi usia 6 minggu. Vaksin DTPa 2,4, dan 6 bulan. Untuk usia diatas 7 bulan diberikan vaksin Td / Tdap. Vaksin DTP 6 dapat diberikan pada usia 10-12 tahun bersama dengan  Td/Tdap sedangkan vaksin booster Td diberikan setiap 10 tahun sekali.

Imunisasi pneumokokus (PCV).

Vaksin PVC diberikan pada bayi usia 7-12 bulan sebanyak dua kali. Untuk anak usia 1 tahun ke atas cukup diberikan sebanyak 1 kali.

Imunisasi rotavirus

Vaksin rotavirus monovalen diberikan pada bayi sebanyak 2x, pemberian pertama pada usia antara 6-14 minggu, pemberian kedua berjarak minimal 4 minggu dari pemberian pertama. Vaksin rotavirus pentavalen diberikan sebanyak 3 x.

Imunisasi influenza.

Vaksin ini diberikan pada bayi yang berusia lebih dari 6 bulan, dan harus diulang setiap tahun. Imunisasi pada anak usia 9 tahun diberikan sebanyak 2x.  Dosis pemberian vaksin

Anak usia 6-36 bulan 0,25 mL.

Anak usia 36 bulan ke atas 0,5 mL.

Imunisasi campak.

Vaksin campak diberikan pada bayi usia kurang dari 1 tahun  bersamaan dengan vaksin MMR.

Imunisasi varisela.

Vaksin varisela diberikan pada usia 1 tahun. Pemberian pada anak usia diatas 13 tahun, perlu diberikan vaksin sebanyak 2 dosis dengan jarak waktu pemberian minimal 4 minggu.

Imunisasi HPV (human papilloma virus)

Vaksin ini mulai diberikan pada anak usia mulai dari 10 tahun. Vaksin HPV bivalen diberikan sebanyak 3x dengan jarak 0, 1, dan 6 bulan.

Selanjutnya pemberian vaksin HPV tetravalent diberikan dengan jadwal 0, 2, dan 6 bulan. Untuk anak usia 13 tahun diberikan vaksin sebanyak 2 kali dengan jarak 6-12 bulan.

Imunisasi japanese encephalitis

Diberikan pada anak usia 1 tahun, pengulangan dilakukan saat anak berusia 3 tahun.

Vaksinasi Dengue

Vaksin pencegah demam berdarah yang diberikan pada anak usia 9 tahun, sebanyak 3x.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.