Bagaimana Cara agar Dapat Kredit Mobil Baru 2019 Cicilan Ringan?

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Beli City CarMobilitas kerja yang makin tinggi di perkotaan seringkali tak diimbangi dengan hadirnya transportasi publik yang nyaman serta aman untuk setiap orang. Oleh sebab itu, ada banyak orang yang lebih memilih untuk beli kendaraan sendiri. Kalau Anda tertarik untuk beli mobil baru 2019 ini secara kredit untuk imbangi finansial, ini cara yang bisa Anda terapkan!

  1. Pilih Kredit Mobil dari Bank

Ada baiknya, bila Anda menginginkan kredit mobil dengan cicilan ringam pilihlah kredit yang berasal dari pembiayaan bank saja. Hampir semua bank di Indonesia memiliki kredit kendaraan bermotor atau KKB. Skemanya juga hampir sama. Kenapa harus pilih bank, bukan leasing? Sebab, biasanya bunga yang ditetapkan jauh lebih murah ketimbang leasing.

Dengan bunga yang rendah, tentunya akan mempengaruhi jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Memang, kredit di bank memiliki kekurangan, salah satunya adalah proses yang lama. Namun, asal Anda dapat kredit mobil dengan cicilan yang ringan, setidaknya tak masalah terlebih syarat yang dibutuhkan juga tak jauh beda.

  1. Bayar Uang Muka Lebih Besar

Selain itu, ada baiknya Anda memilih membayar uang muka lebih besar. Jurus ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan cicilan kredit mobil yang lebih ringan. Rata-rata, bank atau leasing menerapkan uang muka dengan besaran 10 hingga 30 persen dari harga pokok kendaraan yang akan dibeli.

Jika memungkinkan, ambillah yang uang mukanya lebih besar sehingga beban utang yang harus Anda lunasi tak terlalu besar. Dengan memilih uang muka yang besar, secara otomatis cicilan yang harus dibayar setiap bulannya akan lebih kecil.

  1. Pilih Tenor yang Panjang

Semakin panjang tenor yang Anda pilih, tentu akan membuat beban cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya makin kecil. Bahkan, bisa saja Anda hanya perlu membayar cicilan sebesar 1 jutaan saja per bulan asal mobil yang dibeli di bawah 200 juta. Beberapa leasing bahkan ada yang menerapkan tenor hingga 8 tahun.

Namun, secara rata-rata, lama tenor yang disediakan adalah 5 tahun saja. Hanya saja, perlu Anda pahami. Memilih tenor panjang memang akan membuat ringan cicilan bulanan. Hanya saja, Anda harus rela membayar harga mobil lebih mahal dibanding tenor singkat karena bunganya akan terus dihitung selama Anda memiliki utang.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ada baiknya, pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bukan sesuai dengan keinginan Anda. Bila menuruti keinginan, tak akan ada habisnya. Tentu Anda akan memilih mobil terbaik di kelasnya meskipun harganya tinggi. Kalau sudah begini, tentu saja Anda wajib membayar cicilan yang lebih tinggi setiap bulannya.

Ingat, pahami kebutuhan Anda lebih dulu. Bila Anda butuh mobil ini untuk keluarga, maka pilihlah mobil untuk keluarga yang bisa menampung banyak orang. Sedangkan bila Anda masih single, Anda bisa lebih bebas memilihnya.

Satu lagi, jangan tergoda dengan tampilan keren dari mobil tersebut ataupun spesifikasi kelas dewa yang dibawanya padahal Anda bukan orang yang mengerti di bidang tersebut. Padahal, sebenarnya dengan membeli mobil spesifikasi kelas atas, Anda sendiri yang akan susah bila mobil itu rusak. pasalnya, harga perbaikannya juga sangat tinggi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan mobil baru dengan cicilan yang lebih ringan. Cicilan yang lebih ringan atau cicilan besar namun cepat kelar, terserah Anda mau pilih yang mana. Namun pastikan bahwa semua itu sesuai dengan kebutuhan Anda. Bukan keinginan!