Apa Saja Gejala atau Ciri-Ciri Payudara Hamil akibat Kanker?

Apa Saja Gejala atau Ciri-Ciri Payudara Hamil akibat KankerKabar hamil selalu dinanti-nanti oleh setiap ibu muda di mana pun berada. Namun, apabila terdapat gejala serta ciri ciri payudara hamil akibat kanker, perlu dikonfirmasi lebih lanjut. Sebaiknya kalau bisa datang ke beberapa dokter ahli. Biar hasilnya lebih autentik. Kira-kira, beginilah ciri-ciri atau gejala payudara yang berafiliasi dengan kanker.

Adanya Benjolan atau Pengerasan pada Payudara

Coba sentuh dan cek sendiri bagaimana tekstur payudara Anda. Apakah tingkat kerasnya berbeda dengan sekitarnya atau tidak. Biasanya, payudara yang normal bertekstur kenyal seperti jelly. Hanya saja, saat hamil dan menjelang persalinan, ukurannya bisa membesar. Sebab, secara perlahan payudara tersebut terisi oleh air susu.

Mengalami Inversi atau Retraksi pada Puting Payudara

Adanya inversi ini bisa dari segi arah, bentuk, serta susunannya. Tentu untuk mengetahui lebih mendetail, perlu melakukan pemeriksaan khusus. Sebab lebih bersifat mikro. Khususnya yang berkenaan dengan cikal-bakal kanker yang berhubungan dengan payudara. Di awal-awal, biasanya tidak begitu kelihatan.

Kulit Payudara Mengelupas

Hati-hati jika kulit payudara Anda mengelupas. Terlebih saat lagi hamil. Area yang mengelupas umumnya berada di sekitar puting. Tapi tidak menutup kemungkinan pula terjadi untuk area lain yang lebih luas. Proses pengelupasannya terjadi secara halus. Dengan kata lain, perlu kepekaan tersendiri untuk mendeteksi gejala ini dengan mata sendiri.

Terjadi Pembesaran pada Pori-Pori

Ciri-ciri payudara hamil akibat kanker ini terjadi secara umum. Baik untuk kalangan ibu muda maupun yang sudah hamil beberapa kali. Dengan kata lain, kejadian kanker payudara ini tidak mementingkan dari segi usia. Besarnya pori-pori jika ditelisik lebih lanjut akan menyerupai kulit jeruk. Selain itu, diiringi pula dengan adanya efek kemerahan.

Terjadi Perubahan Bentuk dan Tampilan

Ada kalanya setiap satu pekan atau sebulan sekali, perlu mengecek kondisi payudara Anda. Akan lebih baik lagi jika konsultasi atau check-up ke dokter ahli. Biar lebih tahu perubahan apa yang terjadi. Khususnya saat Anda tengah hamil muda atau sudah berjalan beberapa pekan. Sebab, salah satu ciri kanker payudara ditandai dengan perubahan bentuk dan visual.

Puting Terasa Sakit Luar Biasa

Rasa sakitnya begitu terasa ketika mengalami gesekan serta sentuhan. Gejala ini tentu sangat memberatkan beragam aktivitas sehari-hari. Hal ini terjadi ketika kanker berada pada stadium 1. Tidak hanya rasa sakit yang mendera, tetapi juga diiringi dengan keluarnya cairan abnormal dari puting. Kadang ditandai pula dengan puting yang melesak ke dalam.

Terjadi Benjolan di Bagian Ketiak

Tidak hanya pada puting payudara, tetapi juga muncul benjolan di bagian ketiak. Alhasil, ketika digerakkan dengan bebas, ada rasa nyeri. Gejala ini bisa terjadi karena meluasnya jaringan payudara hingga ke bawah ketiak. Hal tersebut dikarenakan adanya penyebaran kanker lewat kelenjar getah bening.

Itulah ciri ciri payudara hamil akibat kanker yang perlu diwaspadai. Namun, untuk sebagian orang, tanda seperti warna puting payudara yang memudar dan terdapat benjolan di ketiak bisa jadi bukan karena kanker. Apabila Anda hendak mencari artikel seputar ibu hamil lainnya, bisa kunjungi laman Orami. Bisa juga belanja kebutuhan pra-melahirkan di sana.